Minggu, 20 November 2011

KAOS GAUL

Ngomong-ngomong masalah Baju.. khususnya Atasan, sampai dengan masa SMA, hmm.. sebentar, saat kuliah pun, Aku tidak memiliki banyak baju casual (kaos), baik itu kaos oblong maupun kaos yang berkerah. Di masa itu, bahkan aku hampr tidak punya kaos gaul. Definisi Kaos Gaul disini, adalah kaos yang dijual di Matahari. Yang menurutku, setiap aku melihatnya.. wah, pengen mencomot sepuas hati. Bagus2, cerah2, eye cacthing, dan sebagainya… wes menarik hati dah.. aku selalu berfikir, aku pasti keren kalo pake kaos itu… Tetapi, ya apa daya, I don’t have enough money for buy it self. Apalagi minta orang tua… bisa dipanggang hidup-hidup aku.. wkwkwk.. lebay.. maksudnya, kebutuhan baju masih belum menjadi prioritas utama dalam APB Keluargaku…:D beda kalo seragam sekolah ya…;)

Uang saku harianku dikisaran 5.000 dan bisa sisa 2.000 – 3.000an, kalo aku bawa bekal dari rumah dan ketika pulang sekolah aku jalan ke RSI. Otomatis, pengeluaran pure ku hanyalah untuk pulang naek bemo putih H2 jurusan RSI – Sepanjang. Tetapi kalo ga bawa bekal alias bontotan, wah, bisa-bisa malah hutang temen sebangku ato ibu-ibu kantin… hehee… becanda. Kalo sudah gitu, Kadang ga bersisa sama sekali.

Rinciannya nih ya, 2rb untuk makan siang + 1rb untuk minum/jajan.nya, 1rb untuk minum/jajan diperjalan pulang, 2rb untuk ongkos bemo ke rumah. Habis kan? Hehehe… ada kala.nya sih, setelah Orang Tua membelikanku sepeda ontel, aku bisa berhemat cukup, karena uang ongkos bemo bisa ditabung… tapi duitnya habis buat warnet, beli CD game, beli alat tulis ato mungkin jajan pas hang out diwaktu weekend. Karena itu adalah prioritasku, sedangkan, kaos gaul apalagi sepatu gaul (converse dan sejenisnya, yang lagi ngetrend waktu itu), haduh.. benar-benar tidak masuk dalam list kebutuhan primer yang harus aku beli dengan uangku sendiri, saat itu. 

Baju dan Sepatu. Aku masih bergantung sepenuhnya dari Orang Tuaku, khususnya Bapak. Kadang, bajuku adalah lungsuran (turunan, red.) dari Bapakku atau malah makenya gantian. Hehe… padahal sebenernya prinsipku, baju ga boleh gantian, tapi gmn lagi, keadaannya memang kayak gitu… ya disyukuri aja… udah untung ada baju kan? :D

Beberapa kali, tiba-tiba Ibu atau Bapak ngasih aku baju, ya walaupun bukan kaos gaul seperti yang aku mau, kadang oleh-oleh dari mana gitu, even mungkin kaos2 second hand, tapi tetap aku terima dengan senyum. Aku anaknya ga banyak comel, dikasih ya aku terima dan aku mensyukuri apa yang sudah aku punya. Beberapa pamanku bilang aku anaknya pendiam, dikasih hadiah diam ga heboh, dimarahin diam ga mbentak2, kalo aku lagi BT apalagi- aku akan diam seribu bahasa… hahaha..

Kalau ada rezeki, Bapak baru mengajakku untuk beli baju bareng. Lagi-lagi bukan untuk beli kaos gaul seperti keinginanku, tapi, kami berdua berburu di pasar gembong, lebih khususnya di divisi pakaian. Hehehe… tau gembong gak? Deketnya RS Adi Husada Sidotopo, hmm, kalo dari arah Wijaya Kusuma (THR) ke arah Sidotopo ntr ada perempatan sebelum rel kereta api, kalo belok kanan ke stadion tambaksari, nah, jalur lurus kearah sidotop sampai perlintasan kereta api itulah Jl. Gembong. Masih belum nggeh juga, bentar, tau pasar loak di dupak? Jl. Gembong adalah versi kembarannya tapi yang dijual adalah barang-barang kecil seperti lampu, TV, uang kuno, kaset, alat2 pertukangan sampai dengan pakaian…;) fahimtum? Hehe…

Nah, back to Gembong.. Waktu itu, aku ingat, Bapakku selalu memberiku wejangan..
“gak papa beli baju bekas, yang penting bisa milih”
“ojok isin, seng penting pantes digawe, ga suwek-suwek”
Dan aku pun bisa menjawab dalam kediamanku..:)
“iya Pak..”, anakmu ini selalu sami’na wa’atho’na.
Aku tidak pernah protes, aku tidak pernah mencak-mencak seperti anak-anak lebay yang marah-marah ke Orang Tuanya karena tidak dibelikan sepatu converse terbaru atau bahkan aku pun tidak pernah nangis bengok-bengok seperti anak-anak kecil yang tidak belikan es potong oleh Ibunya disekolah. Dari dulu prinsip utamaku tetap, Aku diberi, Aku terima. Aku mensyukuri semua yang aku punya. Dan aku juga melihat kondisi orang tua.ku, aku ga akan minta yang sekiranya mereka tidak bisa approve permintaanku, timbang mangkel, mending secara otomatis ngertiin kondisi orang tua lah. Ya ndak? :P

Aku menikmati ketika mencari-cari, memilih-milih dan mencoba-coba baju dan kaos di Pasar Gembong Divisi Pakaian bersama Bapakku. Bagaimana proses Tawar-menawar harganya dan rasa puasnya ketika mendapatkan baju buaagus dengan harga yang muuuwwwrah *lebay. Hahaha… sampai dirumah, langsung setor ke laundry dan beberapa hari kemudian, Ta Da.. bajuku kembali baru dan wangi-wangi… hehehe…

Tapi, ada tapinya nih… karena mayoritas bapakku yang milih.. jdi ya selera pakaian bapakku yang banyak terbeli… makanya, bajuku waktu itu banyak seng koyok bapak-bapak. Dan tetap ada tapinya juga… tapi, gimana-gimana harus di… S Y U K U R I… Alhamdu… Lilllaaahhh….

Aku bangga punya Bapak yang selalu bisa membesarkan hati Istrinya, Anak-anaknya dan Keluarganya. Walau disampaikan dalam bentuk lelucon, tapi ada makna-makna tersirat dari guyonan itu. Seperti misalnya ketika aku tanya, kok Ibu ga pernah pake perhiasan macam gelang, cincin atau kalung. Dijawab sama Bapak,
“biyen pas kate mlebu Al Hikmah, perhiasane Ibumu didol kabeh gawe mbayar pendaftarane. Kon nggawe gelang karet, lek podo ae…”
Menceritakan gmn perjuangan Ibu untuk pendidikan anak-anaknya, tapi dibumbui lelucon macam itu… hehe… atau tentang baju sebagaimana telah aku ceritakan diatas.
“percuma ae lek tuku klambi larang-larang, tapi ga isok milih. Klambi carbong *cakar bongkar refers to ketika milih2 bajunya…:D* gak popo, asal pantes ambe isok milih. Ngko lek Bapak ono duek akeh baru milih klambi temenan nang matahari…”
Bapakku memberi pengertian keadaan kami yang belum mampu sekaligus membesarkan hati kami agar tetap dan selalu percaya diri.

Baju-Baju Bapak-Bapak itu lah yang memantaskanku melintasi dunia perkuliahan, mulai dari ospek (baju hem putih-putih), masa-masa kuliah (baju bunga-bunga) sampai PLKH (baju formal dan jas). Tidak ada yang memandangku sebelah mata, lagipula semua sama dimata Tuhan – Pakaian bukanlah satu pembeda jelas – asalkan dipakai secara pantas dan menutup aurat, dan aku pun bisa menjadi Panitera sampai Penasehat Hukum Terdakwa disaat Pe eL Ka Ha dengan Pakaian Carbong itu…;)

Namun, ada kalanya juga aku bisa mempunyai kaos gaul itu. Setahun Sekali pastinya, itupun juga ga selalu saban tahun sekali. Trutama pas hari raya idul fitri setelah puasa. Nah, Omku, adeknya Bapakku yang kedua, Beliau seorang Advokat dan pada saat itu (masa aku SMA – awal-awal perkuliahan) sedang berada dipuncak keemasannya. Setiap hari raya, mengajak semua keponakannya, including me!:D untuk belanja baju baru.. Alhamdulillah, tuk dipakai dihari raya… hehe.. yang aku ingat jelas waktu itu diajak ke Ramayana Bungur.. yaa, bukan Matahari sih, tapi paling gak KW Supernya Kaos Gaul lah… hehe.. Akhirnya, aku bisa memilih kaos2 gaul KW Super itu langsung dengan tanganku sendiri dan sesuai dengan seleraku.. senengnya… hehe.. tapi, ga bisa comot sepuasnya, Ntr tanteku bisa mencak2 tari kecak di sana… wkwkwkwk… Aku beli sekitar 3 potong kaos, 1 potong baju berkerah dan 2 biji celana… seingatku itu sih… hehehe…

Hal ini berlangsung sampai aku sudah magang di kantorku sekarang ini, yah, Alhamdulillah, ada pemasukan rutin saban bulan yang membuatku bisa menabung rutin juga. Pernah juga, ketika acara liburan kantor, kan dapat uang saku tuh, uang sakunya aku irit2in, untuk aku bawa ke Surabaya lagi… B E L A N J A ! ! ! hehe..

Dan, Alhamdulillahirabbil’alamin, segala puji kepada Allah, Tuhan Semesta Alam.. ketika tabunganku sudah berkecukupan dan ada beasiswa dari Mandiri yang cair. Aku bisa melihat-lihat, memilih-milih, mencoba-coba dan membeli kaos gaul sendiri di MATAHARI…:) senengnya ga karu2an…:’( Rasanya PUAAAASSSS banget… akhirnya, keinginanku selama ini bisa terlaksana juga… Alhamdulillah ya Allah…:) kejadian itu sekitar akhir tahun 2010. Saat dapat Rezeki dari THR dan Bonus Kantor, sekaligus dapat beasiswa dari Bank Mandiri… wow.. langsung aku belanja kaos gaul, yang selama ini jadi kebutuhan tersier. Sudah keinginan terpendam sejak dulu sih…:D kenapa? Ga Beli HP? Aduh, endak deh… itu masih tersier tingkat 3… hahaha.. eits, tapi itu juga ada ceritanya sendiri lo…;) ntr yah… menyusul…:D kerjaan lagi sak kapal tanker soalnya… Alhamdulillah…

Tidak ada komentar: